Elpisina Condong ke Indra Gunawan, Sinyal PKB Keluar dari Koalisi Batanghari Tangguh?

Bacabup Batanghari Indra Gunawan bersama Sekretaris DPW PKB Jambi Elpisina/foto:ist
BATANGHARI,BulianIdWaktu pendaftaran bakal pasangan calon kepala dearah sudah semakin dekat, namun untuk di Kabupaten Batanghari baru ada beberapa partai yang sudah mengeluarkan rekomendasi kepada Paslon Bupati dan Wabup Batanghari, seperti PPP dan Partai NasDem yang sudah mengeluarkan rekomendasi ke pasangan Petahana Fadhil-Bakhtiar. 

Pada Pilbup Batanghari 2020, pasangan Fadhil-Bakhtiar diusung oleh PPP, Nasdem dan PKB. Juga didukung oleh beberapa partai non parlemen. Namun, pada pilkada tahun ini sepertinya PKB akan keluar dari koalisi yang mengusung jargon Batanghari Tangguh ini. 

Bagaimana tidak? Elpisina yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPW PKB Jambi, pada 9 Juni 2024 lalu, akun Facebook “Ning Elpisina” sempat memposting foto salah satu bacalon bupati bernama Indra Gunawan saat mengikuti fit and proper test di DPP PKB di. 

Foto yang diunggah oleh akun Facebook milik anggota DPR RI Dapil Jambi terpilih tahun 2024-2029 ini terlihat Indra Gunawan sedang menerima surat berita acara fit and proper test yang diserahkan oleh DPP.

Selain mengupload foto Indra Gunawan, akun tersebut juga menuliskan caption “Sahabatku Indra Gunawan, sebagian orang meragukanmu, mencibirmu, bahkan merendahkan mu. Tapi aku yakin dengan dirimu. Dan aku akan selalu ada untuk mu, berjuanglah kawan, rebut kemenangan untuk Batanghari yang kita cintai” tulis akun tersebut.  

Tidak hanya itu saja, saat Indra Gunawan berangkat untuk menjalani fit and proper test ke DPP PKB, menurut informasi yang diterima Bulian.Id dari beberapa sumber, ia ditemani secara langsung oleh Elpisina. 

Postingan di akun medsos milik Elpisina/foto:ist
Sementara itu, menanggapi hal tersebut, Ketua DPC PKB Batanghari, Erpan tak ingin berkomentar banyak. Dia hanya mengatakan, saat ini DPC PKB juga masih menunggu surat rekomendasi untuk bakal paslon Bupati dan Wabup Batanghari.

Namun, dari ketiga pasangan calon yang mendaftar di PKB. Ketiga nama tersebut sudah diusulkan oleh DPC ke DPP setelah mereka melewati uji kelayakan bakal calon. 

“Dari hasil uji kelayakan yang dilakukan DPD, Fadhil-Bakhtiar berada di rank pertama, Indra-Fauzi rank kedua dan terakhir Salim-Ibrahim. Karena sesuai dengan instruksi Ketum Muhaimin, PKB akan mengusung calon pemimpin yang berupaya untuk mensejahterakan masyarakat dan mereka yang mempunyai program untuk membangun daerah,” paparnya, Kamis (24/07/2024). 

Terkait kedekatan Sekeretaris DPW PKB dengan salah satu paslon, Erpan menilai, bahwa saat ketiga calon mengikuti fit and proper test di DPP, semuanya ditemani oleh Elpisina. 

“Kalau tekait postingan di medsos, itu kembali ke pribadi. Tapi untuk urusan Pilbup itu semua diserahkan ke DPC. DPW hanya mengurus di ranah Pilgub,” sambungnya.   

Lanjut Erpan, apakah nanti di Pilbup Batanghari 2024 ini PKB masih tergabung atau tidak di koalisi Batanghari Tangguh. Ia sebagai Ketua DPC PKB masih menunggu hasil dari putusan DPP.

“Kita juga masih menunggu, insya allah dalam waktu dekat ini rekomendasi untuk bakal calon akan segera dikeluarkan oleh DPP. Kita tunggu saja,” pungkasnya. (ANI)