PKB Kembali Dukung Petahana, Dua Calon Penantang Terancam Batal Berlayar di Pilbup Batanghari

MFa menandatangani berita acara penyerahan rekomendasi dukungan PKB/foto:ist
BATANGHARI,BulianIdNampaknya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dikomandoi oleh Muhaimmin Iskandar masih tetap berada di koalisi Batanghari Tangguh, hal tersebut diungkapkan oleh Ketua DPC PKB Batanghari, Erpan, Rabu (21/08/2024).

Setelah beberapa bulan lalu pihaknya melakukan fit and proper test terhadap tiga pasangan calon yang mendaftar di PKB. Dalam rekomendasi hasil fit and proper test nilai pasangan Muhammad Fadhil Arief dan H Bakhtiar merupakan yang tertinggi. Alhasisl, DPP pun kembali mengeluarkan rekomendasi dukungan partai kepada pasangan ini. 

“Tanggal 18 Agustus kemarin saya yang ambil SK dukungannya dindo di DPP secara langsung, dan sudah saya berikan kepada saudara Muhammad Fadhil Arief,” kata dia.

Lanjut dia, dengan keluarnya surat tersbeut, maka partai yang mengantongi 4 kursi di DPRD Batanghari ini secara resmi mengusung dan tetap tergabung dalam koalisi Batanghari Tangguh. 

“Sama seperti Pilkada 2020, dukungan kita tetap mengarah kepada pasangan Fadhil-Bakhtiar,” sambungnya. 

Ia berharap, dengan adanya surat tersebut, semua pengurus dan sayap partai bekerja sama untuk memenangkan kembali pasangan petahana pada Pilkada 2024.    

Untuk diketahui, selama proses penjaringan bakal calon kepala daerah, ada tiga bakal pasangan calon yang mendaftar di DPC PKB Batanghari, pertama pasangan Salim-Ibrahim, kemudian Fadhil-Bakhtiar, terakhir pasangan Indra-Fauzi.

Dengan turunnya surat dukungan terhadap pasangan petahana, dua pasangan lainnya pun harus berupaya mencari dukungan dari partai yang lainnya. 

Namun, dari dua calon yang tersisa, diketahui pasangan Indra-Fauzi hanya mendaftar di PKB Saja, kemudian pasangan Salim-Ibrahim juga mendaftar di dua partai lainnya yakni PAN dan PDIP yang masing-masing partai mengantongi 4 kursi. 

Akan tetapi, beberapa waktu lalu, Al Haris yang merupakan kader DPW PAN Provinsi Jambi, sempat menyebutkan bahwa saat ini ada peluang PAN akan mengusung pasangan Fadhi-Bakhtiar di Pilbup Batanghari.(ANI)